Arti Simbol Provinsi Papua, Provinsi Di Pulau Terbesar Kedua Didunia

Simbol Provinsi Papua(www.zonahobisaya.web.id)

Arti Simbol Provinsi Papua, Provinsi Di Pulau Terbesar Kedua Didunia

Provinsi Papua, yang terletak di bagian paling timur Indonesia, memukau dengan keindahan alamnya dan keanekaragaman budayanya yang kaya. Ibukota provinsi ini, Jayapura, menjadi sentral bagi keberagaman lanskapnya yang menakjubkan, yang melibatkan pegunungan, hutan hujan tropis, dan pantai-pantai yang mempesona. Salah satu daya tarik utama Papua adalah Pegunungan Jayawijaya yang menjulang tinggi, terutama Puncak Jaya, yang terkenal sebagai salah satu puncak tertinggi di Oceania.

Keberagaman budaya di Provinsi Papua menjadi ciri khas dalam sejarah dan kehidupan sehari-hari penduduknya. Suku-suku asli seperti suku Dani, Asmat, dan suku-suku lainnya dengan gagah perkasa mempertahankan warisan budaya mereka. Seni ukir, pahat kayu, dan berbagai karya seni lainnya menjadi ungkapan kekayaan budaya dan spiritualitas yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Tak hanya itu, Provinsi Papua juga terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Hutan hujan Papua menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies unik, termasuk beberapa jenis burung Cendrawasih yang menjadi ikonik. Kawasan-kawasan seperti Taman Nasional Lorentz, yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, menjadi area konservasi alam yang sangat penting. Dengan keunikan alam dan kebudayaannya, Provinsi Papua membuka pintu bagi para pengunjung untuk menjelajahi kekayaan yang tersembunyi di ujung timur Indonesia.

Lalu, apakah kalian tahu Simbol Provinsi Papua? Berikut ini adalah arti dari Simbol Provinsi Papua.

Simbol Provinsi Papua, Provinsi Yang Ada Di Pulau Terbesar Ke Dua Di Dunia
Simbol Provinsi Papua(www.zonahobisaya.web.id)

Arti Simbol Provinsi Papua, Provinsi Di Pulau Terbesar Kedua Didunia

Perisai Berpaju Lima melambangkan kesiap-siagaan dan ketahanan.

Paju lima melambangkan jumlah sila dalam Pancasila.

Warna kuning emas pada perisai dan pita melambangkan keagungan yang mengandung pengertian sebagai gambaran cita usaha pengalian hasil-hasil kekayaan bumi dan alamnya.

Warna biru tua pada bagian atas perisai melambangkan kekayaan lautan/perairan Papua.

Jalur kuning yang melingkari tepian perisai melambangkan keyakinan tercapainya segala usaha dan perjuangan.

Jalur hitam yang melingkari pita dan warna tulisan hitam melambangkan kemantapan dan kebulatan tekad untuk berkarya swadaya.

Tiga buah Tugu yang masing-masing berwarna abu-abu, sebelah kanan berwarna putih, sebelah kiri di atas tumpukan batu persegi panjang, bersusun 2 dan 6 deretan pertama, serta 9 deretan kedua, berwarna putih bergaris-garis batas hitam, melambangkan Perjuangan TRIKORA dan kemenangan PEPERA Tahun 1969.

Tumpukan batu melambangkan Dinamika Pembangunan di Daerah ini.

Warna abu-abu putih dan bergaris-garis hitam melambangkan ketenangan dan kesucian.

Setangkai buah padi yang berisi 17 butir padi berwarna kuning, bertangkai kuning, terdapat di sebelah kanan, dan setangkai buah kapas yang terdiri dari 8 buah berwarna putih, bertangkai hijau tua, terdapat di sebelah kiri dari tiga buah Tugu tersebut yang diikat dengan sehelai pita berwarna merah, berlekuk 4 dan berjurai 5, melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa yang dijiwai oleh semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Tiga gunung berjajar yang sama tingginya, berwarna hijau tua, dan berpuncak putih salju melambangkan ciri khas Daerah Papua.

Warna hijau tua dari ketiga gunung dan tangkai buah kapas melambangkan kesuburan tanah/kekayaan alam daratan Papua.

Tulisan "PAPUA" dalam huruf cetak yang berwarna kuning melambangkan keluhuran/keagungan cita.

Baca Juga : Logo Kemnaker
Baca Juga : Logo Kota Blitar
Baca Juga : Logo Lion Air

Itulah Arti Simbol Provinsi Papua. Jangan lupa berikan komentar ya :)

Note : 

Jika Kalian ingin copy paste artikel ini jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya ya :)

Share this

Previous
Next Post »
Comments

Sebagai bangsa Indonesia yang cerdas maka bijak dalam berkomentar ya
EmoticonEmoticon