Arti Logo Provinsi Jambi, Rumah Adat Daerah : Rumah Panggung Kajang Lako

Logo Provinsi Jambi(www.zonahobisaya.web.id)

Arti Logo Provinsi Jambi, Rumah Adat Daerah : Rumah Panggung Kajang Lako

Provinsi Jambi, yang berlokasi di pulau Sumatera, Indonesia, mempesona dengan kekayaan alam dan warisan budayanya. Ibu kotanya, Kota Jambi, bukan hanya menjadi pusat pemerintahan tetapi juga pusat kegiatan ekonomi di daerah ini. Keelokan alamnya, mulai dari hutan tropis yang melimpah, sungai besar seperti Sungai Batanghari, hingga danau-danau yang memesona, menjadikan Provinsi Jambi destinasi wisata yang menarik.

Daya tarik lainnya adalah keberagaman budaya di Provinsi Jambi. Budaya Melayu yang kental tercermin dalam tradisi, tarian, dan seni pertunjukan lokal. Tak hanya itu, kekayaan kerajinan tangan dan warisan sejarah turut menyemarakkan kehidupan kultural di berbagai tempat, termasuk museum dan situs bersejarah.

Perekonomian Provinsi Jambi dikuatkan oleh sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Produksi kelapa sawit, karet, dan kayu menjadi tulang punggung ekonomi daerah ini. Upaya terus dilakukan untuk mengembangkan sektor pariwisata dan industri lainnya, bertujuan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi.

Lalu, apakah kalian tahu Logo Provinsi Jambi? Berikut ini adalah arti dari Logo Provinsi Jambi.

Logo Provinsi Jambi(www.zonahobisaya.web.id)

Arti Logo Provinsi Jambi, Rumah Adat Daerah : Rumah Panggung Kajang Lako

Bidang dasar persegi lima melambangkan jiwa dan semangat PANCASILA Rakyat Jambi.

Enam lobang masjid, satu keris, serta fondasi masjid dua susun batu di atas lima dan di bawah tujuh melambangkan berdirinya daerah Jambi sebagai daerah otonom yang berhak mengatur rumah tangganya sendiri pada tanggal 6 Januari 1957.

Masjid melambangkan keyakinan dan ketaatan Rakyat Jambi dalam beragama.

Keris Siginjai melambangkan kepahlawanan Rakyat Jambi menentang penjajahan dan kezaliman, menggambarkan bulan berdirinya Provinsi Jambi pada bulan Januari.

Cerana yang pakai kain penutup persegi sembilan melambangkan keiklasan yang bersumber pada keagungan Tuhan yang menjiwai hati nurani.

Gong melambangkan jiwa demokrasi yang tersimpul dalam pepatah adat 'BULAT AIR DEK PEMBULUH, BULAT KATO DEK MUFAKAT'.

Empat garis melambangkan sejarah Rakyat Jambi dari kerajaan Melayu Jambi hingga menjadi Provinsi Jambi.

Tulisan yang berbunyi 'SEPUCUK JAMBI SEMBILAN LURAH' di dalam satu pita yang bergulung tiga dan kedua belah ujungnya bersegi dua melambangkan kebesaran kesatuan wilayah geografis 9 DAS (Daerah Aliran Sungai) dan lingkup wilayah adat dari Jambi.

Baca Juga : Bendera Suriname
Baca Juga : Bendera Vietnam
Baca Juga : Lambang BNPT

Itulah arti Arti Logo Provinsi Jambi. Jangan lupa berikan komentar ya :)

Note : 

Jika Kalian ingin copy paste artikel ini jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya ya :)

Share this

Previous
Next Post »
Comments

Sebagai bangsa Indonesia yang cerdas maka bijak dalam berkomentar ya
EmoticonEmoticon